AktivitasBeritaYayasan

Sekretaris Daerah Muna Barat, mengapresiasi pembangunan PAUD dan SD Al-Qur’an Wahdah Islamiyah

MUNA BARAT, -ypwi.or.id- Mengawali tahun 2021, tepatnya pada hari Sabtu 09 Jumadil Akhir 1442 H (23 Januari 2021 M) bertempat di Jl.Diponegoro Desa Wapae Jaya, SP 1 Kecamatan Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat, Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Gedung PAUD dan SD Al-Qur’an. Dalam peletakan batu pertama ini, selain dihadiri oleh Sekretaris Daerah Muna Barat, Camat Tiworo Tengah dan Kepala Desa Wapae Jaya dari unsur pemerintah, juga hadir, Ketua II DPP sekaligus Ketua YPWI Pusat, Ketua DPD, Pengurus YPWI Muna serta unsur masyarakat dan pengurus DPD Muna Barat.

Sekretaris Daerah Muna Barat, Bapak Drs. Laode Muhammad Husen Tali, M.Pd dalam sambutannya mewakili Bupati Muna Barat, mengapresiasi Langkah yang dilakukan oleh Wahdah Islamiyah melalui YPWI Pusat untuk merealisasikan pendirian Lembaga Pendidikan di Cabang-cabang Wahdah Islamiyah seluruh Indonesia. Lebih lanjut beliau juga menginformasikan bahwa Muna Barat memiliki 13 kecamatan yang lain membutuhkan Lembaga Pendidikan sejenis yang diharapkan menjadi cikal bakal tersedianya SDM yang mumpuni, sehingga YPWI Cabang Muna Barat bersama Pengurus DPD berkesempatan mewujudkan Visi 2030 Wahdah Islamiyah sebagaimana yang dikatakan oleh Ketua YPWI Pusat.

 

Sementara itu dalam sambutannya Ketua YPWI Pusat, Ir.Nursalam Siradjuddin selain menjelaskan tentang Visi 2030 dibidang Pendidikan dan Pembelajaran Al-Qur’an juga menyinggung tentang pentingnya pendirian Sekolah di daerah target (DPD) yang belum memiliki sekolah terutama PAUD dan SD. Hal ini karena selain sebagai cikal bakal tersedianya SDM yang menjadi tulang punggung daerah di masa mendatang sekaligus asset daerah dalam mengisi pembangunan Muna Barat yang usianya baru memasuki tahun ke tujuh. Selain lokasi yang dimiliki oleh YPWI di daerah SP (Satuan pemukiman 1), di SP 4 juga YPWI memiliki areal tanah seluas 1 ha yang merupakan tanah hibah dari salah seorang pengurus YPWI Cabang Muna Barat, diperuntukkan bagi pembangunan sekolah penghafal al-qur’an (sekolah tahfidz), dengan demikian sebagai Ormas Islam dan Yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan lanjut Ketua YPWI, Optimis tahun 2030 menjadi tonggak sejarah wujudnya Lembaga Pendidikan di seluruh Kabupaten Kota di Indonesia. Pesan khusus yang di sampaikan Nursalam Siradjuddin dihadapan pengurus DPD dan Pengurus YPWI Cabang Muna Barat, agar selalu berkoordinasi dan menyambung tali silaturahmi dengan aparat pemerintahan terutama dalam pengurusan izin bagi kepentingan sekolah ini, izin membangun, izin operasional dan izin lainnya, sehingga kita bisa menjadi contoh bagi yang lain terutama dalam tertib administrasi dan tata Kelola pemerintahan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua YPWI mengharapkan bantuan dari aparat pemerintah setempat, Pak Camat, Pak Desa agar Bersama-sama dengan pengurus Wahdah lainnya membangun komitmen kebersamaan bagaimana melihat Muna Barat sebagai daerah berkembang yang membutuhkan Kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat, apatah lagi di SP 2 ini merupakan daerah transmigrasi yang memiliki penduduk heterogen dengan lintas agama, kultur dan budaya yang berbeda.

Setelah acara sambutan selesai dilanjutkan dengan peletakan batu pertama oleh Drs.LM. Husen Tali, M.Pd, dilanjutkan oleh Ir. Nursalam Siradjuddin, Ketua DPD Muna Barat, Burhanuddin, S.Sos.,M.Si, Camat Muna Barat dan diakhiri oleh Kepala Desa Wapae Jaya (NS)

Related Articles

Back to top button