AktivitasBeritaDakwahYayasan

Upgrading Pelatih Dirosa Rayon Jawa-Sumatera 2020 pada 27- 30 Agustus 2020 (via ruang daring zoom meeting)

MAKASSAR, -ypwi.or.id- Kegiatan ini sukses berjalan dengan di buka langsung oleh Ketua Bidang II Nursalam Siradjuddin dengan mengharapkan kepada seluruh peserta di daerah untuk memaksimalkan pembinaan pembelajaran Al-Qur’an terutama dirosa sebagai salah satu pintu dalam merekrut kader dakwah. Kegiatan ini terlaksana dan diikuti oleh 26 peserta dari target 40 orang yang berasal dari 10 DPW se-Jawa dan Sumatera.

DPW yang belum sempat mengirimkan utusannya adalah Lampung, Jambi, Riau, Sumatera Utara, Bengkulu.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat pelatih dirosa dalam mencetak guru-guru dirosa yang baru. Hal ini dirasakan sangat mendesak mengingat kebutuhan akan guru dirosa di kancah dakwah di tingkat DPD DPW begitu besar sehingga kegiatan ini digelar walaupun secara online.

Ada 11 materi yang di dapatkan oleh peserta baik secara teori maupun praktek yang diharapkan menjadi bekal dalam mengemban amanah sebagai pelatih Dirosa. Disamping itu pula pada peserta diharuskan mengumpulkan rekaman bacaan buku dirosa, rekaman tadarus Alquran dan video pembelajaran dirosa, sebagai bukti bahwa peserta sudah memiliki kemampuan untuk menjadi pelatih dirosa.

Dari sisi pengelolaan pelatihan, upgrading kali ini tergolong sukses. Para peserta mengikuti setiap sesi materi dengan antusias.

Fasilitator menampilkan metode penyampaian yang menarik, penugasan praktek tanya-jawab brainstorming dan diskusi kelompok.

Walaupun masih terdapat banyak kekurangan, seperti setiap sesi dirasakan belum efektif. Namun peserta mendapatkan kelebihan yg luar biasa, antara lain bisa menyatukan peserta dari 11 DPW tanpa biaya transportasi pesawat atau mobil, tanpa biaya hotel, tanpa konsumsi. dan hanya menggunakan biaya kuota data.

Upgrading ditutup oleh ketua LP3Q DPP dengan penekanan pelaksanaan program tindak lanjutnya dan menyemangati peserta. “Peserta itu harus terus membara dan membaja semangat nya” .
Kita tunggu upgrading-upgrading berikutnya.

Related Articles

Back to top button