MAKASSAR, ypwi.or.id – Ada yang istimewa pada penamatan murid kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Wihdatul Ummah di Ballroom D Edelweist Unifa, Sabtu (27/4/2019). 
Kado special untuk sekolah dan seluruh orang tua murid yakni peluncuran buku ‘Untaian Cinta Sang Buah Hati’ (Antologi Puisi Murid). Buku ini berisi 201 puisi yang terdiri dari 118 puisi dari murid kelas VI berisi ungkapan perasaan cinta murid terhadap kedua orang tuanya dan 3 puisi tentang bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Kota Palu dari murid yang dititip untuk bersekolah di SDIT Wihdatul Ummah.

Buku ini disusun oleh Rahmawati, SPd sebagai salah satu pengajar di SD IT Wihdatul Ummah. Peluncuran buku ini merupakan bentuk perhatian terhadap dunia literasi.

Hadir dalam kegiatan penamatan tersebut Sekretaris Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI), Ustadz Hamid Hama, S.Pd, para Kepala Sekolah yang berada dalam naungan YPWI, pengurus komite, Ketua Muslimah Wahdah Pusat, seluruh guru SD IT Wihdatul Ummah serta  seluruh orang tua murid kelas VI.

Adapun tema acara penamatan ini yaitu “Terima Kasih Guruku, Kami Melangkah Pasti Mengukir Prestasi.”

Dalam rilis yang diterima Tribun Timur, Sabtu (27/4/2019) maksud dan tujuan kegiatan adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan  ajang silaturahmi antar murid kelas VI, ustad, ustadzah dan orang tua murid serta pihak-pihak lainnya yang terkait dengan sekolah serta lebih mengakrabkan dan menghidupkan rasa kebersamaan murid kelas VI yang sebentar lagi menjadi alumni SD IT Wihdatul Ummah.

Acara penamatan  diawali dengan pembacaan ayat suci al Quran dan selanjutnya sambutan dari Ustad Abdul Qodir yang juga selaku Ketua Panitia, sambutan Kepala Sekolah dan sambutan Sekretaris YPWI.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SD IT Wihdatul Ummah , Drs Muhammad Arif, S Ag menyampaikan bahwa SD IT Wihdatul Ummah telah berumur 20 tahun dan telah menamatkan sebanyak kurang lebih 2000 alumni.

Beliau berpesan kepada murid kelas VI agar mengamalkan semua yang telah diajarkan selama 6 tahun serta senantiasa mengukir prestasi pada jenjang pendidikan selanjutnya.

Adapun sambutan Sekretaris YPWI, menyampaikan bahwa di seluruh sekolah di lingkungan YPWI telah diterapkan pembelajaran Higher Order of Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga hal-hal yang dilakukan YPWI adalah terus menerus melengkapi sarana dan prasarana sekolah, peningkatan kompetensi guru dengan memberikan diklat, serta hal-hal lainnya yang mendukung dalam pengembangan keterampilan berfikir kritis dan kreatif murid.

Dalam acara penamatan ini, ada hal yang spesial untuk sekolah dan kejutan untuk seluruh orang tua yaitu peluncuran Buku Untaian Cinta Sang Buah Hati (Antologi Puisi Murid).

Selanjutnya acara penamatan ditandai dengan penyerahan piagam kepada seluruh murid yang dilaksanakan dengan suasana yang haru, sebagian besar orang tua menitikkan air mata bahagia pada saat penyematan mahkota kepada masing orang tua murid oleh anak sebagai simbol.

Mahkota Cahaya yang akan dipersembahkan anak kepada orang tua di akhirat kelak.

Air mata haru orang tua dan guru terus berlanjut saat menyaksikan film pendek yang berisi perjuangan guru membimbing murid dan ucapan selamat meneruskan pendidikan dari seluruh adik kelas dan semua guru di SD IT Wihdatul Ummah.

Acara terakhir yaitu persembahan nasyid oleh seluruh Murid kelas VI  yang berisi ucapan terima kasih kepada guru dan betapa besar jasa-jasa guru, bagaikan pelita ditengah kegelapan, memberikan secarcah cahaya dan sebuah harapan. Akhir dari acara penamatan yaitu santap siang bersama dan foto bersama. Suasana keakraban dan kekeluargaan terlihat dari membaurnya guru, orang tua dan murid dalam menikmati santap siang bersama.

sumber